Perbedaan Processor LGA dan PGA


 photo crazy-monkey-emoticon-187_zps157078e3.gifTari ubur-Ubur, Tari Ubuur-Uburr...
Eits, ada temen-temen. Jadi malu
 photo crazy-monkey-emoticon-181_zps2754c83b.gifuhuk pura-pura gak tau akh. Oke kali ini kita bahas tentang processor, tepatnya tentang perbedaan Processor LGA dan PGA. Sebenernya ini artikel dibuat karena kemarin sempet ditanya guru TKJ, tapi glagepan. Walaupun jawabnya bener tapi belum puas tentang pengertian Processor LGA dan Processor PGA. Maka dari itu aku sharing di sini aja. Biar teman teman juga tahu apa perbedaan Processor PGA dan LGA.

PENGERTIAN PGA
PGA adalah singkatan dari Pin Grid Array . Yaitu processor yang menggunakan PIN sebagai media penghantar antara processor dan socket pada Mainboard. Jadi PIN ini terdapat di dasar processor.
Biasanya sih, Processor PGA terdapat pada komputer Pentium4 kebawah. Processor ini dinilai kurang efektif, dikarenakan transfer data pemrosesan kurang akurat karena pin pin pada processor belum tentu menyentuh dengan sempurna pada dasar socket pada mainboard.
Selain itu Processor ini rentan sekali rusak. Karena PIN pada processor sangaaaaaaaaaaat sekali mudah rusak atau bengkok. Lebay yah . Iya soalnya disekolah aku juga pernah ngerusakin processor PGA :v
Oh iya. Ini penampakannya.
Processor PGA 

PENGERTIAN LGA

Sekarang kita beralih ke LGA yaaa.....
LGA atau Land Grid Array. Yang cadel hati-hati ya nyebutnya, ntar jadinya Land Grid Allay #eh  photo crazy-monkey-emoticon-190_zps91a27790.gif
LGA ini performa dan kualitasnya lebih oke lho dari yang PGA. LGA ini tidak memiliki Pin pada dasar processornya. Karena si LGA ini menggunakan permukaan dengan konduktor yang baik dan tidak mudah rusak apalagi bengkok. Jadi kalo kita menggunakan Processor LGA ini, maka PIN terletak pada socket di mainboard. Processor ini mulai mainstrem semenjak Komputer Pentium IV/4 .
Yang belum tau LGA kayak bejimane. nih di bawah aku kasih liat ..................  photo crazy-monkey-emoticon-183_zps797af542.gif
Processor LGA
Oh iya.. Penasaran Processor Komputer kamu apa?? Males bongkar processornya karena takut rusak??
Oke liat aja heatsink+Fancooling processornya.
Jika bentuknya bulat dan penguncinya tipe "putar" maka processor kamu adalah LGA.
Nah jika heatsink kamu kotak dengan pengunci klep(Kanan Kiri) maka Processor kamu adalah PGA.
Sekian terimakasih.
Semoga bermanfaat. photo crazy-monkey-emoticon-156_zps47689f30.gif



Previous
Next Post »